OPINI

Bjorka, Glorifikasi Media Massa, Tapi Masih Terkendali

Kamis, 22 September 2022 - 22:44
HEADSHOT - Sonny Majid, Pembelajar dari Lingkar Kaji Isu-Isu Strategis/ Foto: Dok narsum

POJOKNEGERI.COMPasca-munculnya Bjorka, hal yang biasa jika isunya berkembang kemana-mana. Sebagaimana trend masyarakat kita, senang sekali dengan pemberitaan yang konspiratif dan gosip.

Kondisi ini didukung oleh sedikit perubahan gaya pemberitaan media massa yang juga lebih senang gosip, dan selalu menggunakan metode running news. Sejak awal pribadi saya melihat kasus Bjorka, belakangan sepertinya masih sangat terkendali, memang ada yang menggerakan sesuai arahan.

Sedari awal saya juga berkeyakinan bahwa Bjorka ini bukanlah hacker, jika melihat cara-cara kerja hacker yang selama ini saya pahami. Mereka cenderung sangat tertutup. Yang bisa mendeteksi ya sesama mereka.

Alasan lain kenapa Bjorka bukan hacker, sebab data-data yang dibocorkan tidak utuh, belum bisa dipastikan kevalidannya. Semisal, ketika Bjorkan membocorkan kasus Munir, dia memampang foto Muchdi PR. Bagi masyarakat yang mengonsumsi pemberitaan kasus Munir, sebenarnya sudah tahu kalau dugaan dalangnya diarahkan ke Muchdi PR.

Muchdi PR sendiri pernah dihadirkan sebagai di pengadilan kala itu, kalau tidak salah sebagai saksi dengan terdakwa Pollycarpus Budihari Priyanto (Pilot Maskapai Garuda). Ketika Bjorka membeberkan bahwa Muchdi menggerakan jaringan non organik sebenarnya informasi masih tersebut sudah terdengar.

Bahkan konspirasi pembunuhan Munir juga dikait-kaitkan dengan tuduhan almarhum sebagai mata-mata asing juga sempat mencuat. Wajar jika ada penilaian seperti itu, sebab Munir sangat tegas menyuarakan isu-isu kekerasan dan pelanggaran HAM, yang kala itu negara kita sedang mengalami transisi dari rezim orde baru ke reformasi. Jadi, isu-isu tentang kekerasan dan pelanggaran HAM masih sangat sensitif.

Ada ketidakinginan agar kasus-kasus pelanggaran HAM tidak terekspos di dunia internasional, atau bahkan sampai di peradilan internasional. Jadi bisa saja, para pelaku pembunuhan Munir beranggapan, bahwa hal ini adalah keselamatan negara, kerahasiaan negara, kedaulatan negara, macam-macam lah.

Halaman 
Tag berita:

NASIONAL TERKINI

Kerusuhan Kanjuruhan Malang Data Kemenkes, Korban Meninggal Kerusuhan Kanjuruhan Malang Ada 131 Jiwa Tercatat juga sejumlah 284 orang mengalami luka-luka. Dengan detail, 253 orang mengalami luka ringan hingga sedang dan 31 orang mengalami luka berat.
nasional Minggu, 2 Oktober - 20:10
Acaman Resesi Ekonomi Global Makin Nyata, Jutaan Warga Indonesia Berpotensi Jatuh Miskin Potensi tersebut juga datang menyusul ketentuan baru bank dunia mengenai hitungan paritas daya beli atau kemampuan belanja.
nasional Minggu, 2 Oktober - 20:10
Kerusuhan Kanjuruhan Malang Panpel Arema FC Sudah Ajukan Kick Off Digelar Sore Hari, Ditolak LIB Diketahui, laga antara tuan rumah Arema FC melawan Persebaya Surabaya digelar pada malam hari pukul 20.00 WIB.
nasional Minggu, 2 Oktober - 18:10
Kerusuhan Kanjuruhan Malang Panpel Tolak Usulan Aparat untuk Gelar Laga Sore Hari Dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang terungkap adanya usulan dari aparat kepolisian perihal jadwal laga Arema FC vs Persebaya Surabaya yang digelar Sabtu (1/10/2022).
nasional Minggu, 2 Oktober - 17:10
Kerusuhan Kanjuruhan Malang Kapasitas Stadion 38.000, Tiket Dicetak 42.000 Terlebih, penonton yang hadir ke stadion mencapai 42.000 orang. Sementara, kapasitas Stadion Kanjuruhan sebanyak 38.000 orang.
nasional Minggu, 2 Oktober - 17:10
Perintah Jokowi ke Kapolri soal Tragedi Kanjuruhan Malang: Usut Tuntas Ia meminta untuk dilakukan investigasi mendalam dan evaluasi menyeluruh terkait prosedur dan penyelenggaraan pertandingan sepak bola.
nasional Minggu, 2 Oktober - 17:10
Respon Bambang Pacul Soal Rumah Ganjar: Kenapa Tak Minta Izin Ketum? Pacul heran pembentukan 'Rumah Ganjar' itu tidak melalui izin Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.
nasional Sabtu, 1 Oktober - 18:10
PT Esteh Indonesia Makmur Minta Maaf, Akui Berdamai dengan Pengkritik Permintaan maaf itu muncul usai pihak mereka melayangkan somasi kepada pelanggan yang mengkritik produk minumannya karena dianggap terlalu manis.
nasional Sabtu, 1 Oktober - 16:10
Pilpres 2024 Karpet Merah Golkar untuk Ridwan Kamil Terbaru, muncul informasi bahwa Ridwan Kamil akan berlabuh ke Partai Golkar. Adanya kabar ini, direspon pula oleh Partai Beringin.
nasional Jumat, 30 September - 16:09
Febri Diansyah Jadi Pengacara Istri Ferdy Sambo, Desmond Mahesa: Orang Cari Makan Terus Mau Gimana? Berlanjut adanya respon terkait keputusan mantan jubir Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah yang memilih untuk menjadi pengacara Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo.
nasional Jumat, 30 September - 16:09
Keppres Pemberhentian Sambo Sudah Ditandatangani Jokowi Seperti diketahui, Setneg telah menerima berkas pemecatan Ferdy Sambo. Berkas pemecatan itu dikirim setelah permohonan banding PTDH yang diajukan Ferdy Sambo ditolak.
nasional Jumat, 30 September - 16:09
Pilpres 2024 Kata Gubernur Jateng soal 'Rumah Ganjar': Malah Nggak Tahu Saya Ganjar mengatakan dirinya tidak pernah membentuk relawan untuk mendukungnya maju menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024.
nasional Kamis, 29 September - 19:09
Tok! MK Tolak Gugatan PKS Soal Presidential Threshold 20 % Permohonan 73/PUU-XX/2022 itu diajukan oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan jajaran pengurus PKS Aboe Bakar dan Salim Segaf Aljufri.
nasional Kamis, 29 September - 16:09
Pilpres 2024 Sosok Budisatrio Djiwandono, Keponakan Prabowo Diberi Tugas Gaet Suara Millenial Selain sebagai juru bicara khusus, Partai Gerindra juga memberikan tugas khusus kepada Budi yakni merengkuh suara dari kalangan milenial atau anak-anak muda.
nasional Kamis, 29 September - 13:09
Lukas Enembe Dicopot dari Jabatan Ketua DPD Demokrat Papua Ia mengatakan keputusan tersebut menyusul proses hukum yang saat ini harus dijalani Enembe sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi oleh KPK.
nasional Kamis, 29 September - 12:09